Tuesday, November 12, 2013

Les Profs


LES PROFS adalah sebuah film komedi Perancis yang ditulis dan disutradarai oleh Pierre-Francois Martin-Laval, dirilis pada tahun 2013. Film ini diadaptasi dari komik dengan judul yang sama karya Pica dan Erroc.

Sinopsis
 

SMA Jules Ferry hanya menunjukkan 12% keberhasilannya dalam Ujian Nasional, membuatnya menjadi sekolah terburuk di Perancis. Pengawas akademis daerah kemudian mengusulkan kepada kepala sekolah untuk mempekerjakan guru-guru terburuk, dengan harapan bahwa sekolah akan bisa melebihi tingkat keberhasilan 50%, jika tidak, sekolah akan ditutup.

Kemudian didatangkanlah tujuh guru yang mempunyai metode pengajaran tidak biasa : Serge (dijuluki Tirocu), seorang guru yang kita tidak tahu mata pelajaran apa yang dia ajar (hanya dibilang bahwa dia pandai matematika) dan diia sangat malas. Gladys, seorang guru bahasa Inggris sangat killer yang mahir melempar kapur kepada murid-muridnya. Albert, guru kimia yang hobi melakukan percobaan-perobaan berbahaya di laboratorium. Amina, seorang guru bahasa Perancis yang sangat memikat. Eric, guru olahraga penggemar latihan berbahaya. Maurice, guru filsafat yang tidak bisa dimengerti  sama sekali, dan Antoine Polochon guru sejarah yang mengidolakan Napoleon.


Selama kuartal pertama, murid-murid terlihat kaget dengan kehadiran guru-guru itu. Orang tua murid pun mengeluh tentang metode yang digunakan oleh guru-guru baru. Tapi setelah berminggu-minggu berlalu, reputasi guru dan metode mereka yang sedemikian rupa itu meningkat drastis. Banyak siswa yang tidak terdaftar di sekolah malah ingin ikut menghadiri kelas sehingga kelas menjadi penuh sesak. Setelah diadakan simulasi Ujian Nasional, ternyata hanya 3% tingkat keberhasilannya.


Terungkaplah fakta bahwa para pengawas akademis mempunyai tujuan utama untuk menutup SMA Jules Ferry dengan cara mempekerjakan guru-guru terburuk agar mereka gagal dalam UN. Tapi Polochon mendengar percakapan mengenai hal itu dan dia memberitahukannya kepada guru-guru lainnya. Mereka memutuskan untuk melakukan segala cara untuk menyelamatkan sekolah, salah satunya dengan mencuri soal Ujian Nasional di Paris!

Director: Pierre-Francois Martin-Laval
Scenario: Pierre-Francois Martin-Laval, Mathias Gavarry
Starring: Pierre-Francois Martin-Laval, Kev Adams, isabelle Nanty, Christian Clavier
Production House: Les Films du 241
Country: France
Genre: Comedy
Running Time: 88 minutes


Film “Les Profs” (Para Guru) ini di minggu pertamanya mendapatkan sambutan hangat dari pecinta film di Perancis dengan ditonton oleh 1.000.000 orang. Banyak adegan gokil dan lucu yang timbul karena sifat dan metode pengajaran masing-masing guru. Salah satu yang paling lucu adalah Gladys, guru bahasa Inggris yang sangat galak, bahkan bisa dibilang gila. 

Film ini cukup menghibur meskipun dari logika cerita keseluruhan terasa aneh dan berlebihan tapi banyak adegan yang menghibur dan dapat membuat kita tertawa dari awal hingga akhir film. Mungkin film ini bisa juga membuat kita terkenang masa-masa SMA meskipun rasanya mustahil ada guru seperti mereka di Indonesia. :D


Bagaimanakah metode pengajaran tujuh guru terburuk ini? Apakah murid-murid SMA Jules Ferry bisa melewati angka keberhasilan 50% di Ujian Nasional? Temukan jawabannya dalam film LES PROFS.

French Movie Lover memberi nilai 3 dari 5 bintang untuk guru-guru gokil LES PROFS.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...