Saturday, April 20, 2013

Le Fabuleux Destin d’Amélie Poulain, A Fabulous Movie


Le Fabuleux Destin d’Amélie Poulain adalah film Perancis yang disutradarai oleh Jean-Pierre Jeunet dan dirilis pada tahun 2001. Film bergenre komedi romantis ini ditulis oleh Jean-Pierre Jeunet dan Guillaume Laurant, Audrey Tautou sebagai tokoh utamanya, Amélie. Film ini adalah representasi yang cukup baik dari kehidupan kontemporer di daerah Montmartre, Paris. Le Fabuleux Destin d’Amélie Poulain menjadi salah satu film Perancis tersukses di dunia.

Sinopsis

Amélie adalah seorang gadis kecil berasal dari Montmartre. Dia dibesarkan terisolasi dari anak-anak lainnya karena ayahnya yang seorang dokter salah mendiagnosisnya dengan penyakit jantung. Ayahnya tidak pernah menyentuhnya selain untuk pemeriksaan medis, misalnya untuk mengukur denyut nadinya. Padahal Amélie kecil sangat membutuhkan pelukan ayahnya. Ibunya meninggal ketika Amélie masih kecil karena tertimpa seorang turis dari Quebec yang melakukan bunuh diri dengan melompat dari atas gereja Notre-Dame de Paris. Ayahnya kemudian mendedikasikan hidupnya untuk pembangunan makam mendiang istrinya. Merasa diabaikan, Amélie mengembangkan imajinasinya yang luar biasa kaya.
 
Nino dan Amélie

Ketika sudah dewasa, Amélie menjadi pelayan di sebuah kafe kecil di Montmartre yang bernama Café Des 2 Moulins yang dimiliki oleh seorang mantan artis sirkus. Kafe ini mempunyai karyawan dan pelanggan yang sangat beragam latar belakangnya. Pada usia 23 tahun, Amelie menjalani kehidupan yang sederhana. Dia lebih menyukai hal-hal kecil yang membuatnya senang seperti meretakkan crème brulée dengan sendok, melempar batu di kanal Saint-Martin, mencoba untuk menebak berapa pasangan di Paris yang mengalami orgasme, pokoknya dia membebaskan imajinasinya mengalir.

Hidupnya berubah pada malam kematian Putri Diana pada tanggal 31 Agustus 1997. Setelah kaget mendengar pengumuman itu, secara tidak sengaja ia menemukan sebuah kotak tua terbuat dari metal yang penuh dengan mainan-mainan kecil di belakang tembok kamar mandinya. Kotak itu disembunyikan oleh seorang anak yang tinggal di apartemennya 40 tahun yang lalu. Terpesona dengan penemuannya itu, dia pergi mencari sang pemilik kotak untuk mengembalikannya. Ketika dia menemukan sang pemilik kotak itu, dia memberikan kotak itu kepadanya secara tidak langsung. Sang pemiliki kotak mengambil kotak itu dan melihat isinya, dia merasa sangat bahagia dan tidak menyangka bisa melihat lagi kotak itu. Saat itu Amélie sadar bahwa dia telah membuat seseorang bahagia, ia bertekad akan mencurahkan hidupnya untuk membantu orang lain sebisanya.
Dia kemudian berhasil membuat beberapa teman kerja dan teman satu apartemennya bahagia. Tetapi dia merasa tidak ada yang peduli padanya. Amélie menghadapi kenyataan bahwa hidupnya sepi. Suatu saat dia bertemu dengan Nino Quincampoix, seorang karyawan sex-shop yang hobi mengumpulkan foto box yang dibuang pemiliknya. Amélie jatuh cinta padanya. Meskipun dia berusaha untuk menarik perhatiannya, Amélie adalah orang yang sangat pemalu dan dia merasa tidak mampu melakukan pendekatan.

Title : Le Fabuleux Destin d’Amélie Poulain
Director : Jean-Pierre Jeunet
Scenario : Jean-Pierre Jeunet, Guillaume Laurant
Production : Jean-Marc Deschamps
Production House: UGC, Victoire Productions, Tapioca Films, France 3 Cinéma, MMC Independent
Distribution House: UGC Fox Distribution (France)
Music : Yann Tiersen
Budget : 11.710.000 €
Country : France
Language : French / français
Genre : comedy
Duration : 129 minutes
Dates de sortie : 25th of April 2001
Starring:
Audrey Tautou (Amélie Poulain)
Mathieu Kassovitz (Nino Quincampoix)
Rufus (Raphaël Poulain, Amélie’s Dad)
Lorella Cravotta (Amandine Poulain, Amélie’s Mom)
Serge Merlin (Raymond Dufayel)
Jamel Debbouze (Lucien)


Dengan 23.115.858 entri penonton bioskop, Le Fabuleux Destin d'Amélie Poulain pada tanggal 21 Januari 2013, menjadi film tersukses kedua secara internasional, film ini berada di dibelakang Intouchables dengan hampir 31 juta entri di seluruh dunia (termasuk Perancis). Selain itu, film ini berhasil mendapatkan 9 penghargaan dan 19 nominasi. Beberapa diantaranya adalah Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Jean-Pierre Jeunet), dan Dekorasi Terbaik (Aline Bonetto) pada penghargaan César tahun 2002.

Cerita film ini sangat unik dan menarik serta berbeda dengan film-film komedi maupun cerita cinta lainnya. Alur ceritanya pun sangat khas Perancis! Peran Audrey Tautou sebagai Amélie yang brilian di film ini membuatnya dikenal di dunia internasional sehingga dia pun main di film Hollywood The Da Vinci Code. Kabarnya, sang sutradara Jean-Pierre Jeunet sebelumnya memilih Emily Watson seorang aktris asal Inggris untuk memerankan peran Amélie, tapi karena bahasa Perancisnya kurang bagus dan memperlambat proses syuting, akhirnya dia pun mengundurkan diri. Yolande Moreau, seorang komedian dan sutradara Belgia, dalam film ini berperan sebagai Madeleine Wallace. Dia juga bermain di film Camille Redouble. Selain itu ada juga Isabelle Nanty berperan sebagai Georgette, seorang aktris Perancis yang sempat bermain di film komedi paling populer di Perancis, Les Visiteurs.

Mathieu Kassovitz (Nino Quincampoix)
Banyak adegan yang lucu dan sangat tidak disangka, misalnya adegan-adegan saat Amélie masih kecil, saat Amélie dewasa dan berusaha untuk membuat orang lain bahagia, cerita para tetangganya dan teman-teman Amélie, serta saat Amélie jatuh cinta namun dia sangat malu-malu. Efek visual yang digunakan juga membuat film ini lebih menarik. Film Le Fabuleux Destin d'Amélie Poulain berhak mendapatkan poin 4,0 dari 5,0. Harus diakui, kadang kita merasa kesepian tanpa cinta, bukan? Apakah Amélie akan menemukan kebahagiaan dengan Nino, orang yang dicintainya ataukah dia akan terus merasa kesepian dalam hidupnya?
 

6 comments:

  1. ada yg jual dvd nya nggak,, saya udah cari dimana-mana susah banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu tinggal di kota apa? Di IFI (Institut Francais d'Indonesie) Biasanya disewakan DVD nya :)

      Delete
  2. My favorite movie all the time!! And Amélie is one of my favorite character in movie. Nggak pernah bosan nonton ulang filmnya!!

    Tukarin link yuk... Ini link saya http://eigarebyu.blogspot.com/
    Merci..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya film ini emang keren n ga biasa banget ceritanya! :)
      Makasih banyak Dila sudah berkunjung dan komen :)
      Saya sudah simpan link kamu di sidebar ya ;)

      Delete
  3. emang keren ini film, senyum2 sendiri nontonnya sekalian main ke blog review film ane juga iya http://leonardfresly.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. le labyrinthe streaming -> http://streamingvk-films.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...