Saturday, April 27, 2013

RICKY, A Miraculous Baby



RICKY adalah film Perancis yang disutradarai oleh François Ozon dan rilis pada tahun 2009. Film ini diadaptasi dari novel berjudul MOTH (dalam bahasa Inggris) atau LÉGER COMME L’AIR (dalam bahasa Perancis) karya Rose Tremain, seorang novelis berkebangsaan Inggris. Film ini dibintangi oleh aktris dan komedian Perancis, Alexandra Lamy, yang terkenal melalui sitkom Un gars, une fille yang berperan sebagai Katie. Ricky mendapatkan beberapa nominasi di Berlinale 2009 (Festival Film Berlin).


Sinopsis

Katie, seorang ibu dan orang tua tunggal tinggal di sebuah apartemen kecil dengan anak perempuannya yang bernama Lisa. Katie berjuang untuk bisa memenuhi semua kebutuhan Lisa dengan bekerja di sebuah pabrik kimia. Kesibukannya ibunya dan ketidakhardiran seorang ayah membuat Lisa merasa kurang kasih sayang dan kurang diperhatikan. Sementara itu Katie juga merasa kesepian tanpa kehadiran pria di hidupnya. 

Beberapa lama kemudian di pabrik tempat dia bekerja, dia bertemu dengan Paco seorang rekan kerja dari Spanyol. Berawal dari pembicaraan yang sederhana, mereka berdua menjadi sepasang kekasih dan Katie pun hamil. Kemudian Katie melahirkan bayi laki-laki dan diberi nama Ricky sesuai dengan permintaan Lisa. Katie dan Paco membesarkan Ricky dan Lisa di apartemen kecil mereka. Tak lama kemudian, Katie, Lisa dan Paco menyadari bahwa Ricky bukanlah bayi biasa…




Director : François Ozon
Producers : Chris Bolzli, Claudie Ossard, Vieri Razzini
Music : Philippe Rombi
Duration: 90 minutes
Genre: Drama , Fantasy
Country: France
Language: French
Release Date : February 11, 2009
Starring: Alexandra Lamy (Katie), Sergi Lopez (Paco), Mélusine Mayance (Lisa), Arthur Peyret (Ricky)



Katie, Paco, Lisa dan Ricky
Ricky adalah film bergenre drama-fantasi, tapi kita tidak terlalu merasakan sisi fantasinya bahkan lebih cenderung ke genre drama mungkin karena dengan cerita yang sederhana dengan alur yang sedikit lambat, pemain yang tak terlalu banyak serta pemakaian efek visual yang sedikit. Dalam sebuah wawancara, sang sutradara François Ozon pun mengatakan bahwa yang menyentuh dia dalam cerita “Ricky” adalah tidak begitu banyak sisi yang fantastis tetapi justru cerita tentang keluarga, tempat di mana keluarga itu tinggal, serta bagaimana kedatangan anggota keluarga baru - baik itu pasangan baru atau anak yang mengganggu keseimbangan keluarga tersebut.

 

Menurut saya film ini berhasil menarik kita untuk ikut merasakan perasaan dan pengalaman yang dirasakan dan dialami oleh Katie dan Lisa, kita juga ikut merasakan kondisi keluarga kecil yang tinggal di apartemen yang kecil seperti itu di Perancis. Ketika si Ricky hadir, kita dibuat sedikit terkejut karena Ricky bukanlah bayi biasa. Kalau diceritakan keajaiban Ricky di sini akan menghilangkan sisi kejutannya, bahkan dalam trailer filmnya pun tidak diperlihatkan keajaiban si bayi. Kehadiran Ricky membuat kehidupan Katie, Paco dan Lisa berubah!

Bagi para pecinta film fantasi mungkin akan merasa kecewa dengan film ini tapi bagaimanapun juga setelah menonton film ini kita dapat menarik hikmah tentang pentingnya membangun sebuah keluarga yang saling perhatian dan menyayangi. 2,0 dari 5,0 untuk RICKY.

RICKY, si bayi ajaib

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...