Saturday, April 13, 2013

LE PETIT NICOLAS, Cute and Funny


Le Petit Nicolas adalah sebuah film Perancis bergenre komedi keluarga bersetting di Paris tahun 1956 yang disutradarai oleh Laurent Tirard, skenarionya ditulis bersama Alain Chabat dan Grégoire Vigneron diadaptasi dari karya literatur dengan judul yang sama yang popular di Perancis oleh René Goscinny dan Jean-Jacques Sempé. Pemeran utama, Nicolas, diperankan oleh Maxime Godart, Kad Merad dan Valérie Lemercier berperan sebagai orang tua Nicolas. Film ini diproduksi oleh Fidélité Films dengan budget 22 juta euro dan dirilis pada tanggal 30 September 2009. Le Petit Nicolas berhasil menarik sekitar 5,52 juta penonton di Perancis dan 2,02 juta penonton di luar negeri. Tahun 2009 juga merupakan ulang tahun ke-50 penciptaan Le Petit Nicolas.



Sinopsis

Seorang anak kecil bernama Nicolas merasa kalau dia menjalani kehidupan yang damai dan menyenangkan. Dia memiliki orang tua yang mencintainya dan sekelompok sahabat baik, ia tidak memiliki keinginan untuk mengubah hal itu. Ketika sang guru di kelas menyuruh semua murid membuat tulisan mengenai apa yang akan mereka lakukan di masa depan nanti, Nicolas pun sempat bingung. Ayah dan ibu Nicolas sering bertengkar. Tapi suatu hari, mereka terlihat sangat mesra dan Nicolas secara tidak sengaja mendengar percakapan kedua orang tuanya yang membuatnya mengira kalau ibunya hamil

Dia panik dan membayangkan hal yang terburuk: ketika sang adik telah lahir, dia akan menyita seluruh perhatian orang tuanya, dan bahkan mereka akhirnya akan menelantarkan Nicolas di hutan seperti Le Petit Poucet (cerita rakyat Perancis). Nicolas pun meminta bantuan teman-temannya untuk menemukan cara agar dia tidak ditelantarkan oleh kedua orang tuanya. Teman-temannya menyarankan agar Nicolas berusaha untuk menyenangkan ibunya, berbagai cara pun dia lakukan tapi ternyata ibu dan ayahnya tetap mengajak Nicolas untuk jalan-jalan ke hutan. 

Karakter dan Pemeran Film Le Petit Nicolas
Nicolas: Tokoh utama ini adalah seorang anak yang baik dan kadang suka berisik. Dialah sang narator dalam film ini. Dia berumur antara 7 dan 8 tahun. Nicolas diperankan oleh Maxime Godart dengan sangat baik. Bahkan Jean-Jacques Sempé, sang ilustrator serial Le Petit Nicolas sendiri sempat berkata: "Sebelum menyaksikan film tersebut, aku hanya melihat foto anak kecil yang mengagumkan ini, dan itu sangat mengejutkanku. Dia sempurna! Dia memiliki sisi yang sama. Dia menarik dan merupakan inkarnasi yang baik dari Le Petit Nicolas.". Le Petit Nicolas merupakan film pertama baginya. Maxime menemukan tawaran casting film ini di internet.
  
Ibu Nicolas: Seorang ibu Rumah Tangga, dia sangat menyayangi Nicolas. Sering beradu pendapat dengan suaminya. Diperankan oleh Valerie Lemercier, aktris dan komedian kawakan Perancis yang juga bermain di film Les Visiteurs. Valerie memerankan dengan sangat baik peran ibu Nicolas dalam film ini dan menghasilkan banyak adegan lucu.

Ayah Nicolas: Dia bekerja di kantor untuk bosnya yang bernama Moucheboume dan sering mengeluh kesulitan pekerjaannya. Ketika ia di rumah, ia suka membaca koran di kursinya dan merokok pipa. Ayah Nicolas diperankan oleh Kad Merad, seorang aktor dan komedian Perancis. Dia juga bermain di film Mais Qui As Re-tué Pamela Rose?


Alceste: Dia adalah teman terbaik Nicolas. Alceste berbadan sangat besar karena dia makan sepanjang waktu. Dalam film ini kita bisa melihat hampir selalu ada makanan di tangan atau mulutnya. Dia bercita-cita menjadi menteri karena dengan menjadi menteri, dia bisa makan makanan yang enak. Alceste diperankan oleh Vincent Claude.

Rufus: Dia adalah anak seorang polisi dan dia bercita-cita untuk menjadi polisi seperti ayahnya. Rufus diperankan oleh Germain Petit Damico.

Clotaire: anak yang paling terbelakang di kelas. Dia hampir selalu tidak bisa menjawab pertanyaan guru dengan benar sehingga dia sering dihukum di sudut kelas. Orang tuanya pun sudah bosan karena mereka sering mendapat surat teguran dari sekolah. Meskipun begitu, Clotaire adalah anak yang baik. Dia bercita-cita menjadi pembalap sepeda. Tokoh ini diperankan oleh Victor Carles.

Eudes: Anak yang sangat kuat dan sering menggunakan kekerasan untuk membuat ide-idenya diterima oleh orang lain dan dia tidak takut dengan siapapun. Dalam film ini kalau dia sudah besar dia bercita-cita menjadi penjahat. Benjamin Averty memerankan karakter Eudes.

Geoffroy: Ayahnya sangat kaya dan dia selalu membelikan apa yang anaknya mau. Geoffroy adalah anak yang berpakaian paling bagus dan rapi. Dia juga sangat suka memakai berbagai macam kostum. Geoffroy selalu ditemani Albert, sopir ayahnya, jika orang tua murid diminta datang ke sekolah. Anak kaya ini diperankan oleh Charles Vaillant.


Le Petit Nicolas
Joachim: Kita tidak tahu banyak tentang dia, dalam film ini dia memainkan peran yang sedikit. Diceritakan dia baru saja memiliki adik yang baru lahir. Joachim diperankan oleh Virgile Tirard.

Agnan: Dijuluki “kecoa kotor” oleh teman-temannya. Dia anak yang paling pintar di kelas dan menjadi anak kesayangan guru tapi dia dibenci oleh sebagian besar teman-temannya. Dia selalu mengadukan apa yang dilakukan temannya ke gurunya. Agnan satu-satunya anak yang memakai kacamata dan itu juga dijadikan alasan agar dia tidak dipukul teman-temannya. Anak yang menyebalkan tapi lucu ini diperankan oleh Damien Ferdel.

M. Dubon, « le Bouillon »: Dia adalah pengawas anak-anak di sekolah, dia cukup kejam. Dia dijuluki "Bouillon" oleh anak-anak karena ia sering mengatakan kepada siswa, "Tatap mata saya". Monsieur Dubon diperankan oleh François-Xavier Demaison yang juga bermain di film komedi Comme Des Frères

 


Di Balik Layar

Pemeran Joachim ternyata adalah anak dari sang sutradara sendiri.
Proses syuting berlangsung dari tanggal 22 Mei sampai 11 Oktober 2008 di Paris dan Brussels.
Rumah Nicolas terletak di jalan Irénée-Blanc no 12, di distrik ke-20 Paris.
Adegan di dalam sekolah, diambil di sekolah Jacques-Decour di jalan Trudaine, distrik kesembilan Paris.

Untuk pemilihan pemeran tokoh utama, Nicolas, sutradara Laurent Tirard menjatuhkan pilihannya secara cepat kepada Maxime Godart. Selain karena memiliki kemiripan fisik dengan karakter Nicolas dalam buku, dia pun memiliki keinginan yang sangat kuat untuk menjadi aktor. Sutradara menjelaskan bahwa di umurnya yang 9 tahun, Maxime sudah memiliki visi yang jelas dalam hidupnya dan dia sudah tahu apa yang ingin dia lakukan dan capai. Selama syuting juga Maxime tidak pernah menunjukkan tanda-tanda kelelahan dan keinginan untuk istirahat atau berhenti syuting. 

Director : Laurent Tirard
Scenario : Laurent Tirard & Grégoire Vigneron
Production House : Fidélité Films & IMAV
Distribution : Wild Bunch
Country : France
Language : French
Genre :   Comedy
Budget : 22 millions euro
Release Date: 30 September 2009
Duration:  90 minutes
Starring : Maxime Godart, Kad Merad, Valérie Lemercier
 


Sebagai film komedi keluarga, Le Petit Nicolas memang sangat cocok untuk dinikmati berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, bahkan para orang tua. Semua elemen pemain dan cerita dalam film ini sangat menghibur dan mengakomodasi semua kalangan itu. Tingkah laku yang polos maupun kenakalan yang dilakukan Nicolas dan teman-temannya serta cerita selama di sekolah dan perilaku kedua orang tua Nicolas menjadi unsur komedi yang sangat lucu dan menarik mulai dari awal film sampai akhir film. Bahkan ada beberapa adegan yang membuat saya tak berhenti untuk tertawa karena saking lucunya, salah satunya adegan di toko bunga. 

Anak-anak yang bermain dalam film ini pun berakting dengan sangat bagus dan menggemaskan. Bagi orang-orang yang menyukai dan belajar bahasa Perancis, cara berbicara anak-anak itu akan terasa lebih menggemaskan lagi! :D


Sebuah film adaptasi yang menurut saya sangat sukses mentransformasi karakter-karakter dalam buku menjadi tokoh dalam dunia nyata. Le Petit Nicolas mendapatkan nilai 3,3 (dari 5,0) dari gurunya. :D

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...