Friday, April 12, 2013

LES VISITEURS, C'est diiinnngue!


Les Visiteurs adalah sebuah film Perancis yang disutradarai oleh Jean-Marie Poiré, proses syuting berlangsung pada tahun 1992 dan dirilis pada tahun 1993. Film ini sekarang dianggap sebagai salah satu film komedi Perancis yang paling populer. Aktris Valérie Lemercier dianugerahi César untuk Aktris Terbaik pada tahun 1994 untuk peran gandanya sebagai Beatrice (di masa sekarang) dan Frénégonde (Abad Pertengahan). Les Visiteurs telah dinominasikan dalam tujuh kategori César termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Aktor Terbaik (Christian Clavier dan Jean Reno keduanya masuk dalam nominasi kategori ini).

Sinopsis

Pada tahun 1123, karena telah menyelamatkan hidup Raja Louis VI dari Perancis, Godefroy de Montmirail dijanjikan pernikahan dengan Frénégonde de Pouille, anak perempuan Duke Fulbert de Pouille. Ketika Godefroy sedang menuju ke kastil mempelainya, penyihir jahat memasukan sebuah ramuan di minumannya tanpa sepengetahuannya. Hal itu menyebabkan Godefroy berhalusinasi dan mendorongnya untuk membunuh calon ayah mertuanya. Untuk menebus kesalahan, Godefroy meminta saran kepada Eusæbius, lalu penyihir baik itu membuatkan ramuan untuk mengembalikan Godefroy ke masa lalu, tak lama sebelum tragedi itu.

Tapi penyihir lupa menggunakan unsur penting dalam penyusunan ramuan itu yakni telur puyuh. Godefroy dan pengawalnya, Jacquouille la Fripouille (la fripouille secara harfiah bermakna bajingan) terlanjur menelan ramuan tersebut. Ternyata mereka malah terlempar ke abad kedua puluh, pada tahun 1992. Keduanya akhirnya bertemu dengan Béatrice de Montmirail, seorang ibu dari keluarga borjuis dan Jacques-Henri Jacquard, pemilik istana Montmirail saat ini. Béatrice dan Jacquard adalah keturunan Godefroy dan Jacquouille. 
Godefroy kemudian mencari cara untuk kembali ke zamannya untuk menikahi Frénégonde. Namun hal itu tidak akan berjalan dengan mudah. Sementara itu Jacquouille bertemu dan jatuh cinta dengan Ginette Saclay, seorang tunawisma dan ia berencana untuk menikahinya dan tidak ingin kembali ke zamannya.

Di Balik Layar


Les Visiteurs telah memecahkan rekor box office nasional Perancis. Film ini berada di posisi kedua setelah La Grande Vadrouille sebagai film dengan kesuksesan terbesar di sinema Perancis. Les Visiteurs berhasil menarik 13,7 juta penonton. Hal itu menjadikannya film komedi yang paling populer di Perancis.
Chateau Ermenonville
Tempat Syuting Les Visiteurs (Chateau de Beynac)
Istana Ermenonville dijadikan tempat syuting sebagai istana Montmirail masa kini dan istana Beynac untuk Abad Pertengahan. Sang sutradara Jean-Marie Poiré muncul di akhir film, dialognya adalah: « Donne tes bijoux, le drôle ! » Ide pembuatan film Les Visiteurs ini lahir dari Jean-Marie Poiré. Dia menemukan kembali sebuah teks yang dia tulis pada masa sekolahnya dan dari teks tersebut lahirlah salah satu film tersukses Perancis.


TitleLes Visiteurs : Ils ne sont pas nés d'hier
Director : Jean-Marie Poiré
Scenario : Christian Clavier & Jean-Marie Poiré
Production House : Alpilles Productions, Amigo Productions, France 3 Cinéma, Gaumont International, StudioCanal
Country : France
Language : French
Genre :   Comedy
Release : 1993
Duration : 107 minutes
Starring :
Christian Clavier (Jacquouille la Fripouille & Jacques-Henri Jacquard)
Jean Reno (Godefroy Amaury de Malfête, Comte de Montmirail, d´Apremont et de Papincourt)
Valérie Lemercier (Frénégonde de Pouille & Béatrice Goulard de Montmirail)
Marie-Anne Chazel (Ginette Sarclay)
Christian Bujeau (Jean-Pierre Goulard)

Valérie Lemercier
Petualangan dua orang yang berasal dari Abad Pertengahan ke zaman modern tentunya akan menghasilkan berbagai konflik cerita yang menarik. Bagi penonton yang mengerti bahasa Perancis dan menonton film ini tanpa subtitle, akan terasa sedikit sulit untuk memahami dialog para pemain. Ternyata dalam setting Abad Pertengahan dan dialog Jacquouille dan Godefroy menggunakan dialog dalam bahasa Perancis kuno yang sekarang sudah tidak digunakan atau sudah berubah arti. Bahkan ada adegan di mana mereka berbicara dalam bahasa latin. Berbagai perubahan makna kata tersebut dijadikan salah satu cara untuk menciptakan unsur komedi dalam film ini. 
Sempat mengira bahwa pemeran Jacquouille la Fripouille dan Jacques-Henri Jacquard adalah orang yang berbeda meskipun wajah mereka cukup mirip, ternyata mereka diperankan oleh aktor yang sama yakni Christian Clavier. Ternyata pada tahun 1992 mereka sudah mampu menggabungkan dua adegan berbeda menjadi satu adegan dalam film ini dan editing adegan bersama antara Jacquouille dan Jacquard tersebut sangat mulus. Tingkah Jacquouille yang digambarkan sebagai orang yang bodoh, menghasilkan banyak adegan yang mengocok perut saat dia dan Godefroy menemukan benda-benda “aneh” yang tidak mereka temukan di zamannya dan mereka pun membuat berbagai kekacauan yang sangat lucu. Contohnya saat Godefroy dan Jacquouille cuci tangan di lubang WC (beurkkk) karena mereka mengira itu adalah tempat cuci tangan.
Film Les Visiteurs berhasil juga membuat berbagai istilah yang menjadi populer di kalangan komedian dan rakyat Perancis sampai sekarang, diantaranya adalah "Okaaayyy !", "Qu'est-ce que c'est que ce binnnzzzz !" dan "C'est diiinnngue !". Film komedi keluaran tahun 1993 ini meskipun terasa jadul namun cerita yang bagus, tak terduga, dan lucu bisa sangat menghibur kita dan ternyata film ini memang pantas menjadi film komedi paling populer di Perancis.

3,7 dari 5,0 untuk Les Visiteurs.

3 comments:

  1. C'est Okkkaaaaaaaaaaayyyyyyyyyyyyyyyyyy !
    C'est dingue ce film :D

    ReplyDelete
  2. le transporteur streaming -> http://streamingvk-films.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...