Friday, May 31, 2013

Les Enfants de Timpelbach


Les Enfants de Timpelbach adalah sebuah film Perancis yang disutradarai oleh Nicolas Bary yang dirilis pada tahun 2008. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Henry Winterfeld yang terbit pada tahun 1937. Les Enfants de Timpelbach atau dalam bahasa Indonesia “Anak-Anak Timpelbach” adalah film yang ditujukan bagi anak-anak, tapi film ini juga sangat menarik untuk ditonton bagi orang dewasa.


Sinopsis

Manfred (Raphael Katz) adalah seorang anak kecil di Timplebach, sebuah desa terpencil yang indah. Sayangnya anak-anak di desa itu sangatlah nakal dan seringkali menjahili teman-teman mereka sendiri dan bahkan terhadap orang dewasa. Karena merasa sangat jengkel, para pengurus desa dan orang-orang dewasa ingin memberikan pelajaran kepada anak-anak. Mereka berencana untuk meninggalkan anak-anak dengan alasan untuk menakut-nakuti mereka dan membuat mereka tidak nakal lagi


Akhirnya para orang dewasa pun menjalankan rencana tersebut, diam-diam mereka meninggalkan desa pada malam hari. Mereka meninggalkan pesan pada anak-anak bahwa mereka pergi untuk selamanya, padahal mereka hanya berniat untuk kembali keesokan harinya. Ternyata semuanya tak sesuai dengan rencana ketika para orang dewasa tersesat di hutan, lalu mereka ditangkap dan dipenjarakan oleh tentara asing yang menuduh mereka mencoba menginvasi negara mereka. Para orang dewasa kemudian menyadari, mereka benar-benar telah meninggalkan anak-anak mereka sendiri di desa terpencil untuk waktu yang lama.



Di Timpelbach, anak-anak mulai menyadari hilangnya para orang tua dan orang dewasa. Mereka sangat senang karena mereka merasakan kebebasan tanpa orang dewasa namun di sisi lain mereka juga merasakan kekhawatiran, salah satunya mengenai makanan. Mereka kemudian berpikir untuk menghidupkan kembali desa dan memenuhi kebutuhan mereka sendiri dan munculah dua geng di antara anak-anak itu yang bersaing dan saling bermusuhan.



Director : Nicolas Bary
Scenario :
Nicolas Bary, Nicolas Peufaillit, adaptation of novel Les Enfants de Timpelbach of Henry Winterfeld
Production :
Dimitri Rassam
Budget :
13 000 000 €
Country :
France
Language :
français
Duration:
92 minutes
Genre:
Fantasy, Adventure
Release Date :
17 décembre 2008
Starring:
Raphaël Katz
(Manfred)
Adèle Exarchopoulos
(Marianne)
Léo Legran
(Thomas)
Gérard Depardieu
(Le général)
Carole Bouquet
(Mme Drohne)



Film ini diawali dengan animasi yang sangat menarik dan bagus, akting anak-anaknya pun sangat natural dan mampu menarik emosi penonton. Banyak adegan lucu yang disajikan dari awal hingga akhir film, bahkan kenakalan-kenalan anak-anak Timpelbach mungkin dapat membuat kita semua heran dan geleng-geleng kepala. Untuk menghadirkan suasana Abad Pertengahan, syuting film Les Enfants de Timpelbach bertempat di Château de Beaufort dan Château d'Ansembourg di Luxembourg dan di Château d'Eyneburg di Belgia. Kita pun dapat menyaksikan pemandangan-pemandangan yang indah dalam film ini.



Dalam film ini, hampir tidak ada pemeran utama karena semua anak mendapatkan peran yang seimbang dan saling membangun cerita film. Tapi ada dua pemeran ternama yakni Gérard Depardieu yang berperan sebagai « Le général » atau Jenderal dan Adèle Exarchopoulos yang berperan sebagai Marianne. Adèle baru saja memerankan film yang berhasil mendapatkan Palem Emas (Palme d’Or) di Festival Film Cannes 2013, yakni film La Vie d’Adèle.


Cerita film yang menarik dan unik disertai dengan pesan moral yang kuat bagi anak-anak, film ini sangat direkomendasikan untuk ditonton. Segala usia rasanya akan menyukai film ini. 3,0 dari 5,0 untuk Les Enfants de Timpelbach

7 comments:

  1. Salam kenal, boleh tukeran link gak? Saya sih emang jarang banget nonton film Perancis, karena DVDnya jarang dan males cari di internet, hehe.

    Anyway, ini link saya : crazygirlatcinema.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bonjour Libra Girl! Maaf balesnya telat bgt :) Saya sudah simpan link kamu di sidebar ya ;) Makasih sudah berkunjung ke French Movie Lover :)

      Delete
  2. Hai Ricky, cuma mau bilang blog French Movie Lover saya nominasikan di Liebster dan Sunshine Award ya http://manusia-unta.blogspot.com/2013/08/liebster-sunshine-award.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak Karim! Maaf saya telat bukanya, udah lama ga posting di blog :D

      Delete
  3. Halo, Review-Luthfi mengundang kamu untuk mengikuti Liebster dan Sunshine Awards. Kamu bisa cek postingan gue: http://review-luthfi.blogspot.com/2013/08/liebster-award-dan-sunshine-award.html. Terima kasih dan selamat bersenang-senang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Luthfi! Makasih banyak atas undangannya! Maaf saya telat bukanya, udah lama ga posting di blog :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...