Wednesday, April 10, 2013

Camille Redouble


Camille Redouble adalah film Perancis yang disutradarai oleh Noémie Lvovsky, rilis pada tanggal 12 September 2012. Pemeran utama dalam film ini adalah sang sutradara sendiri yang berperan sebagai Camille. Noémie selain seorang sutradara, dia ternyata sudah bermain di banyak film lainnya. Film yang dia bintangi di tahun 2013 ini diantaranya adalah Week-ends, Jacky au royaume des filles, dan Chez nous c'est trois. Camille Redouble dinominasikan sebagai Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Noémie Lvovsky) dan Aktris Terbaik (Noémie Lvovsky) di penghargaan Cesar tahun 2012 lalu tetapi ketiga kategori itu dimenangkan oleh film AMOUR karya Michael Haneke.
 
Sinopsis
Camille bertemu Eric pada usia 16 tahun, dia adalah pria pertama dan terakhir dalam hidupnya. Mereka jatuh cinta dan saat masih di usia remaja, mereka memiliki seorang putri. Ibu Camille tidak pernah tahu kalau dia akan menjadi seorang nenek karena dia meninggal beberapa jam sebelum Camille mengatakan kepadanya.

Beberapa tahun berlalu… Eric telah meninggalkan Camille untuk wanita yang lebih muda. Camille menjadi alkoholik. Pada malam tahun baru, Camille menghadiri sebuah pesta di rumah sahabatnya. Tepat pada tengah malam, Camille pingsan. Saat terbangun keesokan harinya, dia sudah berada di rumah sakit. Tapi ternyata dia kembali ke masa lalu. Dia kembali menjadi gadis 16 tahun dan dia bertemu lagi orang tuanya yang dulu sudah meninggal, dia kembali ke rumah masa kecilnya, sekolah, serta bertemu teman-temannya, guru dan Eric. Camille mencoba untuk mengubah arah hidupnya.

 
Salah satu sahabat Camille dan seorang guru yang aneh :D

Di Balik Layar


Sang aktris sekaligus sutradara dalam film ini memerankan tokoh Camille, yang awalnya berumur 40 tahun lalu kembali ke masa lalunya yang berumur 16 tahun. Namun, Jean-Marc Fabre (bagian fotografi) tidak perlu melakukan pekerjaan tambahan untuk membuat sang aktris lebih terlihat remaja: "Saya menyadari bahwa seorang tokoh terlihat muda atau tidaknya lebih terpancar dari sikapnya daripada make-up atau bahkan pencahayaan," jelas Jean-Marc.

Sebagian proses syuting Camille Redouble dilakukan di SMA Alfred Kastler selama liburan Thanksgiving pada tahun 2011. Banyak siswa SMA tersebut berpartisipasi menjadi figuran dengan berpenampilan gaya 80-an.


 

Title : Camille redouble
Director : Noémie Lvovsky
Scenario : Noémie Lvovsky, Florence Seyvos, Pierre-Olivier Mattei, Maud Ameline
Photography : Jean-Marc Fabre
Music: Gaetan Roussel et Joseph Dahan
Production House: F comme Film, Ciné2, France 2 Cinéma
Distribution: Gaumont Distribution
Country : France
Budget : 7 millions euro
Genre : Drama
Language : french
Duration : 120 minutes
Release Date: 12 septembre 2012
Starring :
Noémie Lvovsky : Camille Vaillant
Samir Guesmi : Éric
Yolande Moreau : Camille's mother
Michel Vuillermoz : Camille's father
Denis Podalydès : Alphonse Da Costa
Judith Chemla : Josepha
Julia Faure : Louise
India Hair : Alice
Vincent Lacoste : Éric's bestfriend

Camille dan Sahabatnya
Sebuah film dapat mencerminkan juga kebudayaan sebuah bangsa. Dalam film Camille Redouble kita bisa melihat gambaran anak-anak sekolah di Perancis pada tahun 80-an meskipun kondisi sesungguhnya mungkin tidak sama. Selain itu terdapat adegan saat Camille dan kedua orang tuanya memakan sebuah kue dan terdapat mahkota. Kue itu bernama “la galette des rois”. Kue tersebut populer di Perancis dan beberapa negara Eropa lainnya untuk merayakan Epiphany (tradisi umat Kristiani). Dalam la galette des rois tersebut disimpan sebuah mainan kecil, barang siapa yg memakan bagian kuenya dan menemukan mainan itu di dalamnya maka dia menjadi "raja" dan berhak meminta yang lainnya untuk melakukan sesuatu.  

Eric dan Sahabatnya
Film Camille Redouble ini cukup menarik untuk ditonton dan membuat kita juga berimajinasi seandainya kita diberikan kesempatan untuk mengulang kehidupan, apa yang akan kita ubah dan lakukan. Camille sudah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, lalu apakah Camille akan memutuskan untuk kembali mencintai Eric atau tidak? 

2,7 dari 5,0 untuk Camille Redouble.


3 comments:

  1. boleh kok tukar link.
    hehe. blognya bagus. unik. bahasnya film prancis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak :)
      Saya sudah simpan link blog kamu di sidebar dan halaman "Movie Bloggers" ya :)

      Delete
  2. Udah aku simpan juga linknya.. Makasiihh :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...